Auto Height Logo

Erdogan Isyaratkan AS-Barat "Dalang" Dibalik Kudeta Gagal

Sejumlah pihak menduga Erdogan merujuk pada dunia Barat secara umum dan Amerika Serikat (AS) secara khusus.

Erdogan Isyaratkan AS-Barat Dalang Dibalik Kudeta Gagal

ANKARA - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengisyaratkan adanya kekuatan besar di balik kudeta di Turki yang berakhir gagal pada 15 Juli.

Dalam sebuah wawancara dengan media Turki, seperti dikutip express.co.uk, Sabtu (30/7/2016), Erdogan berkali-kali mengucapkan kata-kata "mastermind" atau "dalang sesungguhnya" dari kudeta.

Sejumlah pihak menduga Erdogan merujuk pada dunia Barat secara umum dan Amerika Serikat (AS) secara khusus.

Setelah kudeta berakhir gagal, Erdogan langsung menuduh Fethullah Gulen, ulama ternama Turki yang tinggal terasing di AS, sebagai tokoh penggerak kudeta. Namun ia mengisyaratkan Gulen hanya sebuah "pion" dari kekuatan sesungguhnya.

Gulen membantah keras terlibat dalam percobaan kudeta, dan balik menuduh justru Erdogan yang sengaja melakukannya untuk memperkuat cengkeramannya di pemerintahan.

AS juga membantah terlibat dan mengetahui apapun terkait kudeta di Turki.

Turki melayangkan permohonan ekstradisi Gulen kepada AS. Namun Presiden Barack Obama menegaskan Turki harus terlebih dahulu menyerahkan bukti kuat keterlibatan Gulen dalam kudeta.

Sedikitnya 265 orang tewas dan 1.500 lainnya terluka dalam kekacauan saat kudeta, di mana sebuah faksi militer Turki berusaha menggulingkan pemerintahan Erdogan.

Kudeta berakhir gagal setelah masyarakat pendukung pemerintah tumpah ruah ke jalanan dan melawan para pemberontak.

Ankara kemudian menahan lebih dari 100 jenderal dan memecat hampir 9.000 aparat dalam upaya "bersih-bersih" ala Erdogan. Turki bahkan berusaha menyingkirkan berbagai hal terkait Gulen, termasuk meminta Indonesia menutup beberapa lembaga pendidikan yang dituding berafiliasi dengan pria berusia 75 tahun tersebut.(acw)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#BenderaAceh #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Editorial Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Ramadhan Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPOST: Erdogan Isyaratkan AS-Barat "Dalang" Dibalik Kudeta Gagal
Erdogan Isyaratkan AS-Barat "Dalang" Dibalik Kudeta Gagal
Sejumlah pihak menduga Erdogan merujuk pada dunia Barat secara umum dan Amerika Serikat (AS) secara khusus.
https://3.bp.blogspot.com/-TECNjVV2cqM/V5-AvAQcv5I/AAAAAAAAAj4/rpNWes2EiXIFX0DM2k7ZVY_INrsBJOfEwCLcB/s640/Erdogan.png
https://3.bp.blogspot.com/-TECNjVV2cqM/V5-AvAQcv5I/AAAAAAAAAj4/rpNWes2EiXIFX0DM2k7ZVY_INrsBJOfEwCLcB/s72-c/Erdogan.png
NADPOST
http://www.nadpost.com/2016/08/erdogan-isyaratkan-as-barat-dalang.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2016/08/erdogan-isyaratkan-as-barat-dalang.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin