Auto Height Logo

Film Bisu "Setan Jawa" Akan Tampil Beda Di Tiap Negara

"Setan Jawa" akan tayang pada 3-4 September 2016 di Jakarta dengan iringan gamelan yang dimainkan oleh 20 pengrawit.

Film Bisu "Setan Jawa" Akan Tampil Beda Di Tiap Negara

JAKARTA  - Film bisu "Setan Jawa" karya Garin Nugroho menawarkan pengalaman yang berbeda di setiap tempat pemutarannya.

"Setan Jawa" akan tayang pada 3-4 September 2016 di Jakarta dengan iringan gamelan yang dimainkan oleh 20 pengrawit.

Di Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts di Melbourne, Australia, "Setan Jawa" akan tayang dengan iringan gamelan dan musik orkestra pada Februari mendatang.

Garin sengaja membuat konsep film bisu untuk "Setan Jawa" agar ia dapat menggandeng berbagai komposer dari tiap negara untuk mempersembahkan iringan musik yang beragam.

"Konsep 'Setan Jawa' diiringi dan disesuaikan dengan komposer daerah itu dan mereka berhak memilih musik apa pun," kata Garin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Tak hanya orkestra atau gamelan, film itu juga akan tayang dengan iringan musik lain, klasik atau kontemporer, seperti musik rock di Filipina dan musik klasik China.

Saat ini sudah ada enam negara yang tertarik memutar film itu.

"Akan muncul interpretasi beragam di tiap negara," kata sineas yang pada 2016 genap merayakan 35 tahun berkarya.

Film itu merupakan kolaborasi Garin dengan seniman musik Rahayu Supanggah, yang memopulerkan musik gamelan Jawa ke masyarakat dunia, selama lebih dari empat dekade.

Ia menjamin para pengrawit yang mengiringi film "Setan Jawa" adalah mereka yang jempolan.

"Mengiringi film ini sulit (dengan gamelan), tidak ada ukuran pasti karena tidak ada konduktor (seperti orkestra)," kata Garin.

"Setan Jawa" adalah film mistik bertema pesugihan kandang bubrah, di mana seseorang yang meminta kekayaan dari iblis harus membayar dengan berubah menjadi tiang penyangga rumah saat ajalnya tiba.

Garin, yang ingin membuat terobosan dalam film, menggabungkan seni sastra, seni tari, seni musik dan seni visual dalam "Setan Jawa".


"Setan Jawa" dibintangi oleh Asmara Abigail sebagai Asih, Heru Purwanto sebagai Setio dan Luluk Ari sebagai Setan Jawa. hk (antara)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#BenderaAceh #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Editorial Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Ramadhan Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPOST: Film Bisu "Setan Jawa" Akan Tampil Beda Di Tiap Negara
Film Bisu "Setan Jawa" Akan Tampil Beda Di Tiap Negara
"Setan Jawa" akan tayang pada 3-4 September 2016 di Jakarta dengan iringan gamelan yang dimainkan oleh 20 pengrawit.
https://1.bp.blogspot.com/-fvyVrRWbepE/V8BmMv37f7I/AAAAAAAAAMc/KZxKG8unDEMBX6TVfYQdRyMsMjpIgXxbACLcB/s640/20160822Garin_Nugroho_Produser_dan_Sutradara_Setan_Jawa.jpeg.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fvyVrRWbepE/V8BmMv37f7I/AAAAAAAAAMc/KZxKG8unDEMBX6TVfYQdRyMsMjpIgXxbACLcB/s72-c/20160822Garin_Nugroho_Produser_dan_Sutradara_Setan_Jawa.jpeg.jpg
NADPOST
http://www.nadpost.com/2016/08/film-bisu-setan-jawa-akan-tampil-beda.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2016/08/film-bisu-setan-jawa-akan-tampil-beda.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin