Auto Height Logo

Pengakuan Mantan Bupati Bener Meriah Terkait Irwandi Yusuf

Ruslan mengatakan, justru Irwandi Yusuf ketika itu mengingatkan dirinya agar hemat dan efisien menggunakan anggaran BPKS.

Pengakuan Mantan Bupati Bener Meriah Terkait Irwandi Yusuf

JAKARTA – Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) periode 2010-2011, Ruslan Abdul Gani membantah dirinya pernah dimintai uang oleh Irwandi Yusuf saat menjabat gubernur Aceh.

“Sama sekali tidak pernah satu kata pun keluar dari Pak Irwandi Yusuf, perihal permintaan uang kepada saya. Ini saya katakan yang sebenarnya,” kata Ruslan menjawab Serambi saat rehat sidang lanjutan kasus pembangunan dermaga BPKS, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin siang (15/8/2016).

Dalam perkara tersebut Ruslan Abdul Gani ditetapkan sebagai terdakwa karena diduga telah merugikan negara Rp 116 miliar lebih. Ruslan mengatakan, justru Irwandi Yusuf ketika itu mengingatkan dirinya agar hemat dan efisien menggunakan anggaran BPKS.

“Selain itu Pak Irwandi juga meminta saya untuk mempercepat proses penyelesaian peraturan pemerintah atau PP tentang Sabang. Alhamdulillah, semuanya kami lakukan dengan baik,” ujar Ruslan.

Agenda sidang lanjutan kasus pembangunan dermaga BPKStersebut mendengarkan keterangan lima saksi, yaitu Ramadhani Ismy (mantan Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK BPKS), Yusrizal, pejabat dari Unit Layanan Pengadaan Bina Marga Cipta Karya Aceh (ULP BMCK Aceh), Imran Haris (Ketua Pokja ULP BMCK Aceh), T Ajroel Kamal dari BPKS dan Riyad Horem, mantan Direktur Monitoring dan Evaluasi LKPP (Lembaga Kebijakan Pemerintah Pusat).

Perihal aliran dana kepada pejabat BPKS dan gubernur Aceh, juga ditanyakan Jaksa KPK dan kuasa hukum terdakwa kepada saksi Ramadhani Ismy. “Tidak pernah dengar adanya permintaan dana dari terdakwa dan gubernur Aceh. Saya hanya dengar cerita itu dari Sabir Said,” jawab Ramadhani. Sabir Said adalah kepala proyek dari Nindya Karya.

Proyek pembangunan dermaga Sabang, menurut kesaksian Ramadhani dilakukan dengan metode penunjukan langsung atau PL sejak 2006-2010. Waktu itu Ramadhani sendiri yang menjabat PPK-nya.

Ketika Ruslan Abdul Gani menjabat Kepala BPKS pada 2010-2011, metode PL dilakukan lagi karena memang dimungkinkan oleh ketentuan dan undang-undang. “Saya juga diminta membantu Pak Ruslan sebagai PPK, karena dianggap saya sudah paham dengan kegiatan pembangunan proyek tersebut,” jelasnya.

Dua saksi lainnya, Yusrizal dan Imran Haris juga mengaku tidak pernah berhubungan dan mendapat pesanan khusus dari KepalaBPKS Ruslan Abdul Gani terkait pembangunan dermaga tersebut.

“Pokja berjalan normal, tidak ada pesanan khusus apa-apa,” kata Imran Haris yang ketika itu menjabat Ketua Pokja BPKS pada ULP BMCK Aceh. Saksi Riyadh Horem, menegaskan untuk metode penunjukan langsung sebuah proyek tidak perlu harus mendapatkan rekomendasi gubernur atau BPKS.

“Itu semua sudah diatur undang-undang dengan memenuhi syarat tertentu,” kata Riyadh Horem yang mengaku kenal Ruslan dan Nasruddin Daud, Kepala BPKS yang digantikan Ruslan.

Pembangunan dermaga BPKS dikerjakan oleh Nindya Sejati JO, kerjasama perusahaan BUMN Nindya Karya dengan perusahaan lokal Tuah Sejati. Pembiayaan pembangunan pada 2011 bersumber dari APBN Perubahan. (Serambinews)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#BenderaAceh #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Editorial Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Ramadhan Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPOST: Pengakuan Mantan Bupati Bener Meriah Terkait Irwandi Yusuf
Pengakuan Mantan Bupati Bener Meriah Terkait Irwandi Yusuf
Ruslan mengatakan, justru Irwandi Yusuf ketika itu mengingatkan dirinya agar hemat dan efisien menggunakan anggaran BPKS.
https://1.bp.blogspot.com/-vib_60Qn-rw/V7LwDyN5D7I/AAAAAAAAAvw/A5ZRizUKdhUO5tdpx_h9SIDUuGwTY9x_QCLcB/s1600/Ruslam%2BAbdul%2BGani.png
https://1.bp.blogspot.com/-vib_60Qn-rw/V7LwDyN5D7I/AAAAAAAAAvw/A5ZRizUKdhUO5tdpx_h9SIDUuGwTY9x_QCLcB/s72-c/Ruslam%2BAbdul%2BGani.png
NADPOST
http://www.nadpost.com/2016/08/pengakuan-mantan-bupati-bener-meriah.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2016/08/pengakuan-mantan-bupati-bener-meriah.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin