Auto Height Logo

Bea Cukai Musnahkan 29,6 Ton Bawang Ilegal

“Dari penangkapan kedua itu kita menyita sebanyak 1.307 karung bawang yang rencananya akan dibawa ke Sumatera Barat,”

www.nadpost.com

PEKANBARU - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat [07/10] memusnahkan 29,6 ton bawang putih ilegal asal Malaysia. “Total 3.292 karung bawang yang dimusnahkan hari ini dengan berat total 29,6 ton,” kata Kepala KPPBC Pekanbaru Isja Bewirmani usai pemusnahan.

Isja mengatakan seluruh bawang tersebut merupakan hasil tangkapan dari dua lokasi berbeda, pekan lalu. Penangkapan pertama dilakukan petugas Bea dan Cukai yang mengamankan tiga truk dengan total muatan 1.985 karung di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Hasil pemeriksaan, bawang tersebut dibongkar di salah satu pelabuhan rakyat di Kabupaten Bengkalis sebelum diangkut menggunakan truk menuju Pekanbaru.
Namun, sekitar 29 September 2016, petugas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut tepatnya di jalan lintas Siak-Pekanbaru.

Tidak berselang lama atau pada 1 Oktober 2016, petugas kembali melakukan penangkapan. Lokasi penangkapan lagi-lagi di Kabupaten Siak tepatnya Kecamatan Tualang.

“Dari penangkapan kedua itu kita menyita sebanyak 1.307 karung bawang yang rencananya akan dibawa ke Sumatera Barat,” lanjut Isja.

Selain berhasil mengamankan 29,6 ton bawang dari ribuang karung yang setiap karung seberat 9 kilogram itu, petugas turut mengamankan lima truk sebagai alat bukti serta lima orang supir yang kini berstatus sebagai saksi.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Pekanbaru Tri Budi Haryanto mengatakan dari pengakuan saksi, seluruh bawang itu berasal dari Malaysia yang masuk melalui pelabuhan rakyat. “Sebenarnya bawang itu dari India, yang kemudian dibawa ke Malaysia. Beberapa diantaranya, bawang itu justru diselundupkan ke Riau,” katanya.

Dalam dua bulan terakhir, baik Bea Cukai maupun kepolisian beberapa kali mengungkap upaya penyelundupan bawang di wilayah pesisir Riau. Garis pantai yang panjang serta permintaan yang tinggi disertai pasokan dari Jawa yang kurang mencukupi menyebabkan pengusaha nakal terus berusaha menyelundupkan bawang tersebut.***hk

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#BenderaAceh #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Editorial Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Ramadhan Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPOST: Bea Cukai Musnahkan 29,6 Ton Bawang Ilegal
Bea Cukai Musnahkan 29,6 Ton Bawang Ilegal
“Dari penangkapan kedua itu kita menyita sebanyak 1.307 karung bawang yang rencananya akan dibawa ke Sumatera Barat,”
https://2.bp.blogspot.com/-BCZgDxlBQYs/V_equzz-j5I/AAAAAAAAAT8/vG0qfNHm-0EmrQN663VMYhehM9zRA5REwCLcB/s640/bawang%2Bilegal.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-BCZgDxlBQYs/V_equzz-j5I/AAAAAAAAAT8/vG0qfNHm-0EmrQN663VMYhehM9zRA5REwCLcB/s72-c/bawang%2Bilegal.JPG
NADPOST
http://www.nadpost.com/2016/10/bea-cukai-musnahkan-296-ton-bawang.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2016/10/bea-cukai-musnahkan-296-ton-bawang.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin