Auto Height Logo

Penangkapan Terduga Teroris Bahraini Agam Dipertanyakan

“Seharusnya pihak Densus membuktikan dulu dengan valid ke publik tentang ketarkaitan keduanya, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan di publik,” sebut Aryos.

Bahraini Agam Terduga Teroris Asal Aceh Utara

NADPOST.COM, Banda Aceh - Pengamat politik dan keamanan Aceh, Aryos Nivada MA mempertanyakan penangkapan Bahraini Agam (37) yang dilakukan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri di Desa Blang Teurakan, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu (26/11/2016). Seperti diberitakan, Bahrain diduga terlibat teroris jaringan Rio Priatna Wibawa di Majalengka, Jawa Barat.

“Penangkapan Bahraini Agam oleh Densus 88 yang diduga bagian dari jaringan teroris Majalengka di Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu lalu terkesan janggal dan menimbulkan pertanyaan serta mengusik pikiran saya,” kata Aryos.

Dikutip dari laman Serambi Indonesia, Aryos mempertanyakan penangkapan itu lantaran pihak Densus 88 tidak lebih dulu membuktikan dengan akurat tentang keterkaitan Bahraini Agam dengan Rio Priatna Wibawa--salah seorang teroris yang dibekuk Rabu (23/11/2016) silam--di Desa Girimulya RT 003 RW 005 Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Seharusnya pihak Densus membuktikan dulu dengan valid ke publik tentang ketarkaitan keduanya, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan di publik,” sebut Aryos.

Aryos juga mempertanyakan, apakah penangkapan Bahraini Agam tersebut sesuai dengan Perkapolri Nomor 23 Tahun 2011 tentang Prosedur Penindakan Tindak Pidana Teroris (khususnya Pasal 19). Ia justru khawatir, tindakan tersebut--yang dikaitkan dengan isu teroris--bisa saja menyeret ke persoalan lain yang nantinya memantik kegaduhan baru di Aceh.

Hal lain yang harus dibuktikan Densus 88, menurut Aryos, apakah benar Bahraini terdata di kartu identitas (KTP)-nya sebagai penduduk Aceh. Jika tidak, maka tidak bisa publik mengira ada kaitan antara Majalengka dengan Aceh terkait jaringan teroris di Indonesia.

“Otomatis dia (Bahraini) secara personal, bukan orang yang dari awal mendesain dan memproduksi teroris dari Aceh, kemudian dimainkan di seluruh Indonesia, termasuk di Majalengka,” sebutnya.

Selain itu, Aryos meminta pihak Densus 88 Mabes Polri menjelaskan sejauh mana relasi jaringan teroris Majalengka dengan Aceh. Termasuk memperjelas apakah jaringan Majelengka, merupakan jaringan baru yang kemudian melibatkan orang Aceh dengan cara perekrutan diam-diam atau bagaimana.

“Jangan sampai pandangan publik nasional mengklaim Aceh salah satu tempat produksi teroris, apalagi dulu ada latihan massal di Jalin, Jantho, Aceh Besar,” sebutnya.

Aryos berpendapat, penangkapan terduga teroris seperti di Kecamatan Sawang, Aceh Utara, itu berpotensi mengganggu iklim ekonomi. Di sisi lain, sebutnya, bisa mengganggu kondusivitas keamanan di Aceh.

“Bagi masyarakat yang ada di luar Aceh, terkesan stigmanya sangat miring bila ada orang Aceh yang ditangkap dengan tuduhan teroris. Padahal, meski kita pernah diwarnai konflik horizontal dan konflik vertikal, tapi Aceh tidak pernah dalam catatan sejarah sebagai daerah yang memproduksi teroris,” pungkas Aryos Nivada.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan kemarin membenarkan bahwa pada Sabtu (26/11/2016), ada penangkapan yang dilakukan Tim Densus 88 di Desa Blang Teurakan, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Ia membenarkan bahwa yang ditangkap itu adalah Bahraini Agam, karena diduga kuat terlibat jaringan teroris Majalengka, Jawa Barat.(bc)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#BenderaAceh #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Editorial Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Ramadhan Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPOST: Penangkapan Terduga Teroris Bahraini Agam Dipertanyakan
Penangkapan Terduga Teroris Bahraini Agam Dipertanyakan
“Seharusnya pihak Densus membuktikan dulu dengan valid ke publik tentang ketarkaitan keduanya, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan di publik,” sebut Aryos.
https://1.bp.blogspot.com/-zxXflAbCJvM/WDw6lPRR_NI/AAAAAAAABEg/mICTCh5RuU4tZeT2uusm1jZYqxIuHeEMQCLcB/s1600/Penangkapan%2Bterduga%2Bteroris%2BBahraini%2BAgam.png
https://1.bp.blogspot.com/-zxXflAbCJvM/WDw6lPRR_NI/AAAAAAAABEg/mICTCh5RuU4tZeT2uusm1jZYqxIuHeEMQCLcB/s72-c/Penangkapan%2Bterduga%2Bteroris%2BBahraini%2BAgam.png
NADPOST
http://www.nadpost.com/2016/11/penangkapan-terduga-teroris-bahraini-agam.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2016/11/penangkapan-terduga-teroris-bahraini-agam.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin