Auto Height Logo

Bentrokan Pecah Jelang Peresmian Kedutaan AS, 37 Warga Palestina Meninggal, 1.700 Terluka

Ribuan warga Palestina melarikan diri dari serangan gas air mata yang dilepaskan pasukan Israel di dekat perbatasan di Jalur Gaza pada Senin (14/5/2018). Bentrok terjadi jelang peresmian kedutaan AS di Yerusalem.

Bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan jalur Gaza beberapa jam menjelang peresmian kedutaan AS di Yerussalem

Jalur Gaza - Bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan Jalur Gaza beberapa jam menjelang peresmian pembukaan kedutaan AS di Yerusalem pada Senin (14/5/2018).

Sebanyak 25 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Insiden bentrok terjadi antara ribuan warga Palestina yang menggelar aksi protes di dekat perbatasan Gaza.

Sejumlah peserta protes mulai melempari pagar perbatasan dengan batu dan mencoba menerobos. Sementara di sisi lain perbatasan pasukan penembak jitu dari militer Israel telah bersiap.

Para korban tewas maupun luka dilaporkan akibat terkena peluru yang dilepaskan militer Israel dari sisi lain perbatasan. Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Gaza.

Militer Israel mengatakan ada sekitar 10.000 orang yang berkumpul di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dan ribuan lainnya yang berkumpul di tenda-tenda yang berjarak sekitar 500 meter dari pagar keamanan.

Militer Israel mengerahkan sekitar 1.000 personil untuk berjaga di sekitar kedutaan AS menjelang peresmian. jumlah hampir dua kali lipat dikerahkan di perbatasan Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Mereka juga menyebar selebaran peringatan yang ditujukan kepada warga Gaza untuk menjauh dari pagar perbatasan.

"Kami akan melindungi warga sipil kami dengan segala cara demi mencegah pihak yang menerobos pagar," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman.

37 Tewas, 1700 Luka-luka
Kantor berita AFP mewartakan, sebanyak 37 warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan otoritas Israel yang terjadi di Jalur Gaza, Senin (14/5/2018).

Di antara 37 korban tewas, terdapat remaja 14 tahun. Jumlah korban tewas menjadikan bentrokan Senin, menjadi yang paling mematikan sejak 2014.

Kementerian Kesehatan Gaza dilansir Middle East Eye menyatakan, sebanyak 1.703 orang terluka. Termasuk di antaranya delapan jurnalis menurut laporan Kelompok Jurnalis Palestina.

Militer Israel dalam keterangan resmi menjelaskan, sebanyak 35.000 orang terlibat dalam aksi unjuk rasa dan bentrokan di perbatasan.

Mereka menuduh Hamas sebagai dalangnya.

"Hamas melakukan operasi teror dengan melakukan penyamaran di kerumunan orang-orang yang terlibat unjuk rasa," ujar militer Israel.

Israel berkata, mereka melakukan aksi tegas dengan menembak mati tiga orang Palestina yang berencana untuk menanam bom.

Tuduhan militer Israel itu dibantah oleh Otoritas Palestina (PA). "Israel justru yang melakukan pembantaian mengerikan," kecamnya.

Salah satu demonstran, Bilal Fasayfes, ikut berdemonstrasi dengan membawa istri dan dua anaknya. Mereka berunjuk rasa di Khan Younes.

Pria 31 tahun itu berujar, dia tidak peduli jika setengah dari rakyat Palestina harus tewas. "Yang penting setengahnya bisa hidup dengan harga diri," tuturnya.

Bentrokan ini terjadi beberapa jam sebelum bersiap Amerika Serikat ( AS) meresmikan kedutaan besar mereka di Yerusalem.

Muataz al-Najjar, salah satu demonstran, berharap bisa mengatasi pagar pembatas, dan merangsek masuk ke wilayah Israel.

"Kami bakal kembali (ke Yerusalem), dan kami berharap pemindahan kedubes dari Tel Aviv bisa dibatalkan," ujar remaja 18 tahun tersebut.

Pernyataan yang sama juga disuarakan Umm Saab Habib.

Dia bermaksud menyampaikan kepada Presiden AS Donald Trump untuk membatalkan pemindahan kedubes ke Yerusalem.

Selepas pemindahan kedubes di Yerusalem, sehari berselang (15/5/2018), Middle East Eye melaporkan Palestina bakal memperingati Nakba, atau Bencana.

Lebih dari 750.000 orang Palestina diusir keluar dari rumah mereka saat deklarasi berdirinya Negara Israel pada 1948.

Acara peresmian kantor kedutaan AS dijadwalkan dilangsungkan pada Senin (14/5/2018) pukul 16.00 waktu setempat.

Peresmian akan dihadiri sekitar 800 tamu undangan, termasuk delegasi AS, meski tidak dihadiri langsung oleh Presiden Donald Trump.

Delegasi AS dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan dan turut membawa penasihat sekaligus putri presiden, Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner yang bertindak sebagai Asisten Gedung Putih, serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Sejumlah delegasi negara asing, termasuk AS, tiba pada Minggu (13/5/2018) dan disambut langsung oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Sumber: Kompas[.]com

COMMENTS

BLOGGER
Name

#Bencana #Gempa #Tsunami #BenderaAceh #Erdogan #PBB #Palestina #Jokowi #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KIP KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Parlok Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPost.com: Bentrokan Pecah Jelang Peresmian Kedutaan AS, 37 Warga Palestina Meninggal, 1.700 Terluka
Bentrokan Pecah Jelang Peresmian Kedutaan AS, 37 Warga Palestina Meninggal, 1.700 Terluka
Ribuan warga Palestina melarikan diri dari serangan gas air mata yang dilepaskan pasukan Israel di dekat perbatasan di Jalur Gaza pada Senin (14/5/2018). Bentrok terjadi jelang peresmian kedutaan AS di Yerusalem.
https://4.bp.blogspot.com/-qbF-Umow3yU/WvqI97-d_cI/AAAAAAAABJY/jsa-89Nh7lg4oNfvJq3IcNITXO3m9U_ZwCLcBGAs/s400/Ribuan%2Bwarga%2Bpalestina%2Bmelarikan%2Bdiri%2Bdari%2Bseranga%2Bgas%2Bair%2Bmata.png
https://4.bp.blogspot.com/-qbF-Umow3yU/WvqI97-d_cI/AAAAAAAABJY/jsa-89Nh7lg4oNfvJq3IcNITXO3m9U_ZwCLcBGAs/s72-c/Ribuan%2Bwarga%2Bpalestina%2Bmelarikan%2Bdiri%2Bdari%2Bseranga%2Bgas%2Bair%2Bmata.png
NADPost.com
http://www.nadpost.com/2018/05/bentrokan-pecah-jelang-peresmian.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2018/05/bentrokan-pecah-jelang-peresmian.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin