Auto Height Logo

MPU Keluarkan Fatwa Tentang Arah Kiblat

WAKIL Ketua I, Tgk H M Daud Zamzami memberikan tausyiah pada Sidang Paripurna Ulama II di Aula MPU Aceh, Lampeuneurut, Aceh Besar, Senin (14/5/2018). Dalam sidang paripurna itu para ulama sepakat bahwa masyarakat tidak mengubah arah kiblat yang sudah ada. Jika diubah harus melibatkan para ahli dan ulama serta tokoh masyarakat.

MPU Aceh Keluarkan Fatwa Tentang Arah Kiblat

Banda Aceh - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa tentang penetapan arah kiblat di Aula MPU setempat, Senin (14/5/2018). Penetapan fatwa tersebut dilakukan karena akhir-akhir ini banyak terjadi perbedaan pandangan di kalangan tokoh agama dan masyarakat, tentang adanya pergeseran arah kiblat pada tempat ibadah.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H M Daud Zamzami kepada Serambi seusai sidang paripurna penetapan arah kiblat menyampaikan, selama ini terjadi perbedaan di dalam masyarakat tentang arah kiblat di masjid-masjid. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena tidak dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan para ahli, tokoh-tokoh masyarakat, dan para ulama di daerah tersebut.

“Maka timbul lah perselisihan di antara masyarakat. Ada masyarakat yang mengikuti arah kiblat yang lama, namun ada juga yang baru. Oleh karena itu, MPU ingin menentramkan masalah ini. Arah kiblat yang sudah ada jangan diubah, apabila mau diubah maka mufakat dulu dengan semuanya, para ahli, tokoh masyarakat, dan ulama setempat,” jelasnya.

Ada delapan fatwa yang dibacakan oleh Kepala Bagian Persidangan MPU Aceh, Ahmad Ridwan tentang penetapan arah kiblat. Pertama, kiblat adalah bangunan kakbah (ainul kakbah) dan atau ainul kakbah secara dzanni. Kedua, menghadap kiblat pada waktu shalat dan pada waktu peletakan posisi jenazah dalam kubur adalah wajib.

Ketiga, kiblat bagi orang yang shalat dan dapat melihat kakbah adalah menghadap ke bangunan kakbah. Keempat, kiblat bagi orang yang shalat dan tidak dapat melihat kakbah adalah ainul kakbah secara dzanni. Kelima, tempat-tempat ibadah shalat yang mengarah keluar ainul kakbah secara dzanni wajib diluruskan secara dzanni.

Keenam, tempat ibadah shalat yang telah dibangun dan dianggap mengarah ke ainul kakbah secara dzanni sebaiknya ditinjau kembali. Ketujuh, setiap ibadah shalat yang dikerjakan menghadap ke arah ainul kakbah secara dzanni berdasarkan ijtihad pertama dan kedua adalah sah. Terakhir, setiap pendirian tempat-tempat ibadah shalat yang baru wajib diteliti dan ditentukan ainul kakbah secara dzanni oleh para ahli.

Berdasarkan penetapan fatwa ini, ada beberapa tausiah yang juga dibacakan Kepala Bagian Persidangan MPU Aceh, Ahmad Ridwan yaitu pemerintah diharapkan untuk mengoptimalkan peran Badan Hisab Rukyah dalam rangka meneliti dan menyeragamkan ainul kakbah secara dzanni untuk semua tempat ibadah. Selain itu, pemerintah, tokoh agama, pengurus masjid, pengurus pemakaman, dan masyarakat diharapkan menerima hasil penelitian dan penentuan ainul kakbah secara dzanni oleh para ahli.(una)

Sumber: Serambi Indonesia

COMMENTS

BLOGGER
Name

#Bencana #Gempa #Tsunami #BenderaAceh #Erdogan #PBB #Palestina #Jokowi #Mou Helsinki #Pilkada 2017 Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Banda Aceh Bener Meriah Bireuen Bisnis Budaya Ekonomi Gayo Lues Hiburan Hukum Internasional ISIS Kesehatan KIP KNPI Kudeta Langsa Lhokseumawe Liga Champions Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Medan MotoGP Muallaf Nagan Raya Nasional Olahraga Opini Parlok Pendidikan Peristiwa Pidie Pidie Jaya Politik Sabang Sejarah Sepak Bola Simeulue Sosial Subussalam Teknologi Unik
false
ltr
item
NADPost.com: MPU Keluarkan Fatwa Tentang Arah Kiblat
MPU Keluarkan Fatwa Tentang Arah Kiblat
WAKIL Ketua I, Tgk H M Daud Zamzami memberikan tausyiah pada Sidang Paripurna Ulama II di Aula MPU Aceh, Lampeuneurut, Aceh Besar, Senin (14/5/2018). Dalam sidang paripurna itu para ulama sepakat bahwa masyarakat tidak mengubah arah kiblat yang sudah ada. Jika diubah harus melibatkan para ahli dan ulama serta tokoh masyarakat.
https://3.bp.blogspot.com/-LNybUKHKOm4/WvqOfIIrBmI/AAAAAAAABJw/ycuEcP4yNeYVNdneEwrr3SeSfcfsdig4wCLcBGAs/s400/MPU%2BAceh%2BFatwa%2Btentang%2Barah%2Bkiblat.png
https://3.bp.blogspot.com/-LNybUKHKOm4/WvqOfIIrBmI/AAAAAAAABJw/ycuEcP4yNeYVNdneEwrr3SeSfcfsdig4wCLcBGAs/s72-c/MPU%2BAceh%2BFatwa%2Btentang%2Barah%2Bkiblat.png
NADPost.com
http://www.nadpost.com/2018/05/mpu-keluarkan-fatwa-tentang-arah-kiblat.html
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/
http://www.nadpost.com/2018/05/mpu-keluarkan-fatwa-tentang-arah-kiblat.html
true
60666952074365016
UTF-8
Posting tidak ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selanjutnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Tulisan Lihat Semua Berita Lainnya Kategori Arsip Cari Semua Tulisan Tidak ditemukan posting apapun sesuai dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Fri Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Bagikan Untuk Membuka Copy semua kode Pilih semua kode Semua kode disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin