90 Kotak Suara Diberangkatkan ke Pulau Aceh

Kotak suara pemilu 2019
90 Kotak Suara dikirimkan ke Pulau Aceh menggunakan boat nelayan. Foto: Ist

NADPost.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar mengirimkan 90 kotak suara untuk Pileg dan Pilpres 2019 ke Kecamatan Pulau Aceh, Selasa (16/4/2019).

Proses pengiriman kotak suara itu menggunakan boat nelayan melalui dermaga Ulee Lheue menuju Pelabuhan Pulau Nasi dengan pengawalan petugas keamanan dari TNI-POLRI.

Jarak tempuh pengiriman logistik ini dari dermaga Ule Lheue sampai ke Pulau Nasi diperkirakan sekitar lebih kurang satu jam setengah, dan langsung menurunkan kebutuhan logistik disana. Setelah itu, boat melanjutkan pengantaran kebutuhan pemilu ke Lampuyang, Pulau Breuh dengan jarak tempuh selama satu jam.

Untuk diketahui, terdapat dua pulau yang berpenduduk di Kecamatan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar itu, yakni Pulau Nasi, disana ada lima gampong, dan Pulau Breuh dengan jumlah sebanyak 12 gampong yang terbagi dalam dua kemukiman.

Loading...

Kepala Divisi Hukum KIP Aceh Besar, Junaidi mengatakan 90 kotak suara yang didistribusikan ke Pulau Aceh tersebut akan disebar ke 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 17 gampong disana.

Disana, kata Junaidi, secara keseluruhan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 3.015 orang, terbagi dari 1.578 pemilih laki-laki, dan 1.437 pemilih perempuan.

“Surat suara yang kami distribusikan ke Pulau Aceh dilebihkan sebanyak dua persen dari total DPT,” kata Junaidi kepada wartawan usai pelepasan pengiriman logistik di pelabuhan Ule Lheue.

Junaidi menyampaikan, 90 kotak suara yang sudah didistribusikan itu nantinya ditempatkan di setiap TPS, kemudian ada penambahan lagi sebanyak 11 kotak suara untuk dititipkan kepada PPK, serta tambahan bilik setiap TPS.

“Ditambah empat bilik setiap TPS, dikalikan dengan jumlah TPS, akhirnya bilik kesana sabanyak 72 bilik,” ujarnya.

Semua logistik tersebut, tambah Junaidi, dipastikan malam ini semuanya sudah berada di gampong masing-masing untuk digunakan saat pemilihan besok. Sementara ini, ketersediaan surat suara ke Pulau Aceh dipastikan cukup.

“Untuk sementara, ketersediaan surat suara ke Pulau Aceh aman,” ujar Junaidi.

Advertisement
loading...

Tinggalkan Balasan