Faisal Basri Usulkan Menteri BUMN Dipecat, Ada Apa?

Faisal Basri
Ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri. Foto: Istimewa

NADPost.com – Ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengusulkan agar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dipecat. Hal itu disampaikan Faisal dalam akun media sosial Twitter miliknya, kemarin, ada apa?

Faisal menilai keterlibatan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno dalam pengambilalihan pabrik gula bobrok Gendhis Multi Manis (PT GMM) oleh Bulog berpotensi merugikan Negara. “Sepantasnya dipecat, tidak perlu menunggu Oktober,” ujar Faisal dalam salah satu cuitan di akun Twitternya yang disukai 3,9 ribu followernya.

Sebagai informasi, Perum Bulog mengambil alih PT GMM pada 2016. Saat itu, Rini menugaskan Bulog untuk mengakuisisi pabrik yang terletak di Blora, Jawa Tengah itu. Dalam aksinya, Bulog mengucurkan dana Rp77 miliar untuk membeli 70% saham GMM. Perusahaan kemudian beralih status menjadi anak usaha Bulog.

Loading...

Aksi korporasi ini sempat dipertanyakan Anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar pada awal 2017. Ia mempertanyakan kebijakan Bulog mengakuisisi GMM yang dinilainya tak strategis dan berpotensi merugikan negara. Apalagi, pembelian saham tidak penuh 100%.

Pabrik gula GMM memiliki kapasitas giling tebu mencapai 4.000 Tones Cane Daya (TCD) hingga 6.000 TCD dengan desain proses yang digunakan menggunakan pemurnian defekasi remelt kabonatasi.(*)

Advertisement
loading...

Tinggalkan Balasan