Jokowi Cek Lokasi Calon Ibu Kota di Kaltim: Fasilitas Sangat Mendukung

Presiden Jokowi meninjau salah satu lokasi alternatif ibu kota yang berada Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Lokasi ini tepatnya berada di seksi 2 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Kecamatan Sambodja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

Dalam kegiatannya itu, Jokowi turut didampingi oleh Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, Bupati Kutai Kertanegara Edy Damansyah, Seskab Pramono Anung, hingga Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Setibanya di lokasi, mereka mengamati keadaan sekitar sembari melihat peta lokasi alternatif ibu kota tersebut. Jokowi menjelaskan, lokasi ini cukup strategis karena berada di tengah rute Balikpapan-Samarinda.

Terlebih, kedua daerah itu sudah memiliki infrastruktur transportasi, baik udara dan laut. Sehingga, ia menilai biaya perpindahan ibu kota dapat lebih hemat.

Loading...

“Di sini semuanya saya melihat sangat mendukung. Kebetulan ini berada di Jalan Tol Samarinda-Balikpapan dan kalau kita lihat Balikpapan ada airportnya, Samarinda ada airport,” kata Jokowi di lokasi, Selasa (7/5).

“Sudah enggak buat airport lagi. Sudah ada 2, pelabuhan juga sudah ada. Artinya, itu akan lebih menghemat biaya,” lanjutnya.

Meski demikian, Jokowi menegaskan perlu mempertimbangkan kajian lainnya, seperti sosial, politik, dan lingkungan. Selain itu, lokasi alternatif ibu kota juga harus minim potensi terjadi gempa bumi.

“Kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur sosiologisnya, kemudian sosial politik seperti apa. Ini yang perlu dipertajam, kemudian urusan lingkungan kebutuhan air misalnya seperti apa,” tuturnya.

“Apakah jauh dari sisi kebencanaan, entah banjir, entah yang lain, namanya gempa bumi saya kira di sini enggak ada,” imbuh Jokowi.

Ia mengungkapkan alternatif ibu kota bukan hanya di Kalimatan Timur semata. Penentuan lokasi ibu kota yang baru akan ditentukan setelah kajian oleh seluruh pihak terkait.

“Semuanya masih dikalkulasi, semuanya masih dihitung. Tapi sekali lagi apa yang saya sampaikan, saya bicara apa adanya soal fasilitas yang ada di Kaltim sangat mendukung terutama airport. Jalan tol ternyata sudah. Nanti tahun ini jadi juga sangat mendukung,” pungkasnya.

Advertisement
loading...

Tinggalkan Balasan