Turki akan Renovasi Makam Ulama hingga Tentaranya di Aceh

Turkish Graveyard
Komplek makam ulama, guru dan tentara Turki di Gampong Bitai, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Banda Aceh – Pemerintah Turki akan merenovasi puluhan makam milik tentara Turki saat ini berada di Gampong Bitai, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Lokasi itu saat ini menjadi salah satu objek wisata sejarah di Banda Aceh. Di Kompleks itu terdapat makam ulama, guru, hingga tentara dari Turki, yang dikirim ke Aceh pada masa kerajaan Aceh Darussalam.

Bahkan, sejumlah tokoh Turki menyempatkan diri berziarah ke makam tersebut jika sedang berkunjung ke Aceh.

Head of Delegation of Turkish Red Crescent, Abdullah Dogutan Donmez saat beraudiensi dengan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Rabu (12/6/2019) di balai kota menyampaikan, Pemerintah Turki akan menggelar sejumlah program di Banda Aceh.

Loading...

Salah satunya renovasi kompleks pemakaman Turki di Gampong Bitai. Turki menilai makam tentara Turki di Bitai sebagai salah satu situs penting, karena menjadi tempat peristirahatan terakhir lelehur mereka.

“Kompleks makam Bitai merupakan situs terpenting bagi kami di Aceh karena di sana tempat peristirahatan terakhir nenek moyang kami,” ujar Abdullah Dogutan Donmez.

Ia pun berharap hubungan baik antara Aceh khususnya Banda Aceh dengan Turki yang telah terjalin sedari ratusan tahun yang lalu dapat terus berlanjut pada masa mendatang.

“Kami juga komit untuk promosikan potensi Banda Aceh kepada masyarakat Turki,” ujarnya.

Terkait dengan rencana renovasi Kompleks Pemakaman Turki di Bitai, Wakil Wali Kota Zainal Arifin mengatakan Pemko Banda Aceh menyambut dengan tangan terbuka.

“Kami siap membantu hal-hal yang diperlukan termasuk soal perizinan dan lain sebagainya,” katanya.

Selain itu, pada Idul Adha nanti Turki akan menyumbang 100 ekor Lembu untuk masyarakat Aceh.

Sementara 10 ekor diantaranya dalam bentuk 300 paket daging kurban akan dibagikan bagi warga Banda Aceh.(*)

Advertisement
loading...

Tinggalkan Balasan