Bertemu Presiden Argentina, Jokowi Tawarkan Pesawat Produksi PTDI

NADPost.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan, keduanya membahas peningkatan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi.

“Tadi kami telah membahas peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian dan industri strategis,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

Jokowi juga menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia kepada Macri. Di antaranya pesawat hasil produksi PT Dirgantara Indonesia (DI), kerja sama dan jasa pemeliharaan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk (GMF) dan produk lokomotif dan gerbong milik PT INKA.

“Presiden Macri selanjutnya akan berdiskusi dengan pimpinan DI dan PT INKA sore hari ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas,” jelas Jokowi.

Loading...

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, Indonesia meminta Argentina untuk membuka diri atas komoditas-komoditas pertanian RI. Baik komoditas berupa salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya.

Jokowi kemudian mendorong langkah strategis yang mendekatkan pengusaha Indonesia dengan Argentina.

“Untuk itu kita mendorong langkah langkah untuk mendekatkan pengusaha kita, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia,” ucapnya.

Indonesia, kata Jokowi, terus mendorong peningkatan kerja sama pendidikan dan investasi dengan Argentina. Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) di bidang pendidikan, investasi dan perdagangan.

“Pada hari ini ditandatangani MoU kerja sama dibidang pendidikan, investasi dan perdagangan,” pungkasnya.

Advertisement
loading...

Tinggalkan Balasan