MTQ KE IV KECAMATAN INDRAJAYA LAHIRKAN KADER-KADER POTENSIAL

 

Menjelang tahun 2020 Kecamatan Indrajaya gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang Ke IV Tingkat Kecamatan. Adapun MTQ ini digelar sebagai seleksi awal bagi peserta yang akan dikirim mewakili Indrajaya dalam MTQ Kabupaten yang direncakan akan digelar pada juli 2020 tahun mendatang di Kecamatan Padang Tiji. MTQ yang bertema “Gemar Membaca Al-Qur’an dalam Merajut Kebaikan, Kedamaian dan Persaudaraan untuk Wujudkan Masyarakat Indrajaya yang Beriman ” berlangsung dengan sangat tertib. Di mulai dengan pengecekan data peserta yang wajib berwarga Kecamatan Indrajaya hingga penelusuran akte kelahiran yang menjadi syarat bagi peserta yang akan mendaftar sebagai  peserta MTQ Ke IV Kecamatan Indrajaya.

Musabaqah tersebut di ikuti oleh 5 (lima) Kafilah mewakili Mukim masing-masing yaitu, Kafilah Caleue, Kafilah Bluek Grong-Grong, Kafilah Gapui-Suwiek, Kafilah Lhok Kaju dan Kafilah Garot-Tungkop. Masing-masing Kafilah mengirim peserta dengan jumlah yang berbeda-beda dikarenakan tidak semua Kafilah mempunyai kader disetiap Cabang Musabaqah yang di perlombakan. Adapaun Kafilah Caleue mengirim peserta sebanyak 11 orang, Kafilah bluek Grong-Grong sebanyak 9 orang, Kafilah Gapui-suwiek sebanyak 21 Orang, Lhok kaju sebanyak 12 orang dan Garot-tungkop sebanyak 13 orang. Dan Cabang Musabaqah yang dimusabaqahkan adalah Tartil Qur’an, Tilawah Kanak-Kanak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Syarhil Qur’an, Tahfidh 1 Juz dan Tahfiz 5 Juz.

Bapak Camat Kecamatan Indrajaya Fahmi, S., STP. MS.I mengatakan pada malam pembukaan Sabtu (21/12/2019) supaya MTQ yang berlangsung selama 3 (Tiga) malam 2 (Dua) hari tersebut bisa menjadi prospek positif hingga lahirnya calon peserta MTQ yang mampu bersaing di tingkat kabupaten di tahun 2020. Dan Bapak Camat mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat Indrajaya yang sudah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan MTQ Ke IV yang digelar di Pesantren Hj. Maryam Tampieng Tunong Kecamatan Indrajaya tersebut.

Sejak tanggal 16 Desember Camat Indrajaya sudah mengeluarkan SK kepanitian dan juga SK pembentukan Dewan Hakim yang akan membantu menyeleksi peserta terbaik dan berpotensi yang ada di Indrajaya. Berdasarkan SK tersebut yang menjadi Dewan Juri selama MTQ berlangsung adalah Ustaz Zakaria, Ustaz Ilyas Abdullah, Bunda Nurasyiah, Ustaz Safrizal dan Teungku T. Bustami, S.Ag. Sebagian besar dari mereka adalah Dewan Hakim dari Kabupaten dan juga Provinsi. Ini menjadi awal yang baik bagi Kafilah Indrajaya yang nanti akan bersaing di tingkat Kabupaten.

Acara MTQ Kecamatan Indrajaya yang resmi ditutup pada senin (23/12/2019) telah melahirkan kader-kader yang kompeten dan mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat Indrajaya, dimana mereka sangat antusias dengan mengahdiri acara penutupan secara meriah. Mendengarkan langsung nama-nama peserta juara terbaik satu, juara terbaik dua dan juara terbaik tiga yang di umumkan diatas mimbar utama. Dan di MTQ ke IV Kafilah mukim Lhok Kaju telah berhasil merebut piala bergilir dari kafilah Garot-Tungkop sebagai penerima juara umum pada tahun 2017 pungkas Panitia Pelaksana di akhir acara.